Orang Terkaya di Papua

04.19
Orang Terkaya di Papua
Orang Terkaya di Papua

Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur Papua Bagian Barat (dulu Irian Jaya). Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua Bagian barat, namun sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. Papua memiliki luas 808.105 km persegi dan merupakan pulau terbesar kedua di dunia dan terbesar pertama di Indonesia.
Mungkin jika berbicara mengenai orang kaya di provinsi papua masih dipandang minim oleh kebanyakan orang, namun orang berikut salah seorang berikut merupakan orang kaya di provinsi papua, siapakah beliau ?

Jacky. W. B Noya

Jacky Noya yang memiliki nama lengkap Jacky William B Noya ini yang akan berencana menjadi orang nomor satu di Maluku pada 2013-2018. JackyNoya merupakan putra asli Maluku yang lahir di Ambon pada 17 April 1967. Ia adalah pengusaha sukses asal Maluku di tanah rantau Papua. Si raja emas Papua yang berasal dari ambon terkenal dengan berentetan emas yang di pakainya, yaitu berupa jam seharga 5 milyar. dan cincin serta kalung yang beratnya 10 kg. Konon sebelum menemukan tambang emas dan kaya raya / si raja emas, Jacky Noya berjumpa dengan naga di langit. Seperti yang ada di kamera hapenya. Jacky noya seorang tinggi besar ini di kenal sebagai sosok yang dermawan suka menolong dan tidak sombong. 

Noya menjelaskan, apa yang diperolehnya di tanah rantau adalah berkat yang melimpah dari Sang Pencipta saat dirinya berada di tanah rantau, dan sebagai rakyat kecil yang pernah dirasakannya, kini dirinya merasa pantas kembali ke daerahnya untuk berbagi kepada masyarakat di Maluku setelah memiliki kelebihan berkat dari Tuhan.

Dalam sebuah kegiatannya, dia tidak tanggung tanggung memberikan bantuan sosial senilai Rp.37 milyar bagi sejumlah rumah ibadah Mesjid, Pura, Gereja, dan lainya di Maluku. Bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai senilai puluhan juta rupiah diterima langsung oleh perwakilan pemuka agama. Noya juga memberikan bantuan sosial bagi sejumlah pesantren, yayasan, dan sejumlah desa/negeri di Maluku. Dia juga memberikan bantuan mobil penunjang operasional bagi pemerintah kota Ambon, Unpatti dan lembaga perguruan tinggi lainnya. Menurut Noya bantuan yang diberikan sebagai bentuk kepedulian sosial untuk pembangunan Maluku. Sebagai salah satu pengusaha pertambangan emas di Papua Barat, Noya mengaku siap memberikan bantuan lainnya bagi rakyat Maluku.

Noya menambahkan, dirinya sedang menyiapkan sejumlah bantuan berupa paket bantuan Sembako dan lainnya bagi umat muslim yang akan melaksanakan Ramadhan, hari raya Idul Fitri dan umat Kristen yang akan melaksanakan hari Natal. Dia juga berjanji akan memberikan bantuan berupa pengembangan olah raga tinju Maluku yaitu peserta pemenang tinju juara I mendapat Rp. 1 milyar, juara II Rp. 750 juta.

1 komentar: